Tuesday, July 16, 2013

Ramadhan Bercerita-7: Parcel Sang Mama

Yup... hari ini aku bantuin mama bikin parcel lebaran. Mama ku memang pintar memanfaatkan peluang, saat mau lebaran jual parcel. Gak kaya mama temen ku dulu pas SD waktu natal, niatnya mau memanfaatkan peluang, eh malah jual sarung. Memang pikiran mama mama itu susah banget ditebak. Eitttsss... beda sama mama ku, kalo mama ku pikirannya gampang ditebak, yaps... Uang. Semoga mama gak baca tulisan ini ya Allah.. maafin A'im ya Allah,.. A'im takut di kutuk jadi batu krikil yang biasanya buat nabur tai ya Allah.

Tapi mama kalau nyuruh mesti ngomongnya aneh, gini
     "Riz, bantu mama bikin parcel ya''
     "Yoi ma, bantu ngapain" ekspresiku masih semangat

lalu di jawab mama lagi,
     " Ya bantu itu tuh '' Sambil nujuk ke langit
     " Iya ma, bantu yang mana, ngapain? '' aku pasang muka mirip abg yang sewot soalnya pacarnya jadian sama sahabatnya sendiri.
     " Ya bantu, bantu aja, bantu.... " Jawab mama dengan santainya

dengan emosi aku jawab ''IYAAA MAAA , BANTTUUUUU APAAAAAA!!!" lalu aku berubah jadi Super Saiya. Tanpa dosa, dengan wajah lempeng, mama jawab " Bantu mama nyari lem sana gih". Wuihh.... ini rasanya jantung mulai bergejolak, darah mulai keluar mirip kringet saking emosinya. Lhaa, kalau tau gitu ya mbok ngomong dari tadi. Hadeee... mamanya siapa ini.


Yauda aku cari lem dan ketemu trus aku kasihkan. Aku mau pergi online twitter, tapi mama minta bantuan lagi ke aku. Bantuan ini sangat cocok untuk lelaki jantan seperti aku. Yap... aku suruh bantu bikin pita cyiiiinnnnn. Ini bukan masalah bikin pitanya, tapi harga diriku sebagai calon finalis L-Men bisa hancur. Aku gak bisa bikin pita hias. Satu satunya pita hias yang aku bisa itu bentuk lambang HIV/AIDS. Kalau misal aku pake lambang itu nanti yang nerima parcel tersinggung, disangkanya dia kena HIV, padahal kan enggak mesti. Bisa juga dia cuman sakit flu, keluar ingus, tapi dari ubun ubun. Akhirnya.... setelah berjuang cukup lama,...... yap...... aku tetep gak bisa. Aku menyerah. Ternyata bikin pita hias itu susah. Padahal selama ini aku selalu menganggap cowok yang identik dengan pita itu ngondek dan menurut ku bikin pita hias itu sulit. Padahal susah, dan gak selamanya yang identik dengan pita itu  ngondek bisa jadi emang disuruh mamanya sih. Tapi aku salut lah sama cowok yang bisa bikin pita hias dan gak sepatutnya aku menghina cowo yang menggeluti dunia pita hias.

Nah, pita aku taruh. Mama bilang, "sini mama ajarin biar kamu bisa". WUihhh... pas mama ngajarin aku lihat wajahnya. Penuh belek mata, bulu hidungnya keluar panjang sampe 4 meter. Ya gak lah... ini ceritanya sendu, gak bercanda. Aku lihat muka mama, terlihat begitu capek banget, tapi di depan ku beliau terlihat tegar dan semangat cari nafkah. Bahkan disaat mama yang lain di bulan Ramadhan biasanya disibukan dengan belanja, mamaku malah mencari nafkah. Memang perjuangan seorang mama itu gak ada hentinya. Aku berpendapat, kalau kehilangan Ayah mungkin kita bisa menangis semalaman, tapi kalau kehilangan mama/ibu kita bisa menangis sepanjang jasanya terkenang, dan itu tak berujung. Mama, You're My Everything. Mari kita semua mengheninkan cipta teman teman, akhirnya aku bisa serius mengetik blog, dan gak hina kaya biasanya.

Selesai di ajarin aku langsung mau online twitter dan... lampu mati. Mungkin listrik tau dan gak mau memutus kan waktuku dengan mama. Aku pikir iya juga sih, aku masih beruntung bisa membantu mama ku mencari nafkah keluarga soalnya di luar sana mungkin ada teman atau pembaca yang cuman bisa membantu mamanya lewat doa dan menunggunya di surga. :))

No comments:

Post a Comment