Saturday, July 20, 2013

Ramadhan Bercerita-11: Mencari Ridho Di KFC

 Well, dulu aku pernah kerja di KFC waktu masih awal lulus SMA. Sambil menunggu masuk kuliah, sambil melakukan hal yang berguna. Gak seperti kebanyakan anak seusia ku, yang nunggu masuk kuliah ada yang bertapa di goa, ada yang gerakit tamiya, ada yang pindah agama. Dulu, aku masuk kerja ya pas puasa ramadhan. Berat banget, kerja di restoran tapi kita sendiri lagi puasa, cuman bisa melihat orang yang makan dengan menyisihkan kulit ayam terlebih dulu. Suer berat banget, ini sama aja kaya kita lagi sholat, tapi di samping kita ada yang lagi main PS, pingin nyoba, tapi lagi menghadap Allah.

Aku dulu di KFC bagian dining atau bagian yang mengantar pesanan, bagian bersih bersih, bagian yang menyembuhkan kalo ada yang tiba tiba kesurupan pas ngantri pesenan. Kata manager ku dulu sih, bagian dining itu adalah yang terpenting dalam KFC, istilahnya front man. Bangga banget dulu dibilang gitu, tapi sekarang baru sadar. Front man yang dimaksud adalah bagian terdepan menyambut tamu, alias tukang buka pintu masuk. Dulu kalo lagi gak ada kerjaan aku suka buka pintu masuk KFC. Reaksi tamu yang aku bukain pintu macem macem, ada yang senyum, ada yang bilang terimakasih, ada yang tiba tiba gumoh, bahkan ada yang ngasih aku uang tip 5000 rupiah. Tapi minta kembalian 6500 rupiah plus pelukan mesra.


Waktu yang paling berbahagia bagi aku dan temen temen pegawai lain adalah pas buka puasa. Bagi kami ini adalah surga dunia, kami bisa istirahat, makan sepuasnya, sembelih kambing di kasir. Bebas lah pokoknya. Tapi waktunya dibatasi dan harus gantian sama pegawai lain. Kalo gak gantian bahaya kalo pelanggan lagi rame, nanti bisa rusuh, terus ada suporter catur tawuran. Kalau aku sih punya siasat. Kalau uda adzan aku memilih minum dulu, kalo pelanggan mulai rame aku makan, setelah makan masih rame aku sholat, setelah sholat semakin rame aku pindah kerja ke Mc’D. Rame di KFC bagi aku waktu itu adalah dilema. Di pikiran ku, kalau rame otomatis aku capek ngelayanin, tapi kalau sepi aku takut pendapatan menurun terus ujung ujungnya PHK. Aku terus merenung memikirkan hal ini sambil makan, gak terasa keluar cairan kuning dari belakang, aku mencret. Astagfirullah... kenapa jadi gini ceritanya.

Banyak suka duka kerja di KFC. Bagiku, lebih banyak sukanya. Bisa menambah pengetahuan dan pengalaman kerja, mengenal rasanya capek mencari uang, mendapat teman teman yang bertujuan sama. Iya tujuannya sama, bekerja seefisien mungkin tapi digaji sebesar mungkin. Saking menikmati kerja disana hingga gak kerasa uda waktunya lebaran. Semua pegawai saling bermaaf maafan walaupun cuman basa basi hari raya sih. Lebaran kira kira +10 adalah waktu ku pamit pada semua pegawai, iya kontrak ku habis. Iya aku ngontrak di KFC, temen ku juga ada yang ngekos. Becanda lah... aku waktu itu uda resmi bukan pegawai KFC lagi. Sedih sih, tapi aku tetap tegar. Aku berpamitan. Semua pegwai terharu, ada yang pingsan, ada yang mimisan, ada yang saking sedihnya sampe mikir cabul. Aku keluar KFC dengan di iringi lagu syahdu, lagu SMASH.... entah kenapa mesti berujung hina....

 Ini bener, salah satu manajer tiba tiba memanggil ku dan berkata, “kamu balik lagi kan Riz?”

Entah kenapa waktu itu aku jawab, “aku balik pak,dengan seragam abu abu (seragam manajer)”


Yaa, semoga saja itu bukan sekedar kata kata, semoga Allah mengabulkannya. Hehehe... makasih ya yang uda baca. Banyak banget kisah unik pas aku kerja di KFC, mungkin lain kali ya aku tulis lagi. Di tunggu komennya, terimakasih.....

1 comment: