Tuesday, July 9, 2013

Ramadhan Bercerita-1: Puasa Setengah Hari

Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang puasa. Selamat datang wahai bulan penuh berkah, bulan penuh pahala, ampunan dosa. Ramadhan kali ini kita masuk 1434 Hijriah, bukan 14045 inget. Kalau aku pribadi mulai puasa hari ini Rabu 10 Julai 2013, tapi ada temen temen dari Muhammadiyah yang mulai satu hari lebih awal. Gak masalah, bukankah perbedaan itu indah asal gak saling hina. 


Nah, di awal puasa ini aku jadi ke inget jaman ku awal puasa dulu waktu masih TK. Dulu aku terbilang paling cupu di antara temen temen sepergaulan. Iya, aku dulu ikut geng gaul di TK Muslimat NU 6. Jadi kemana mana kumpul bareng, main ayunan bareng, sampe berak di celana pun juga bareng. Gaul banget. Tapi bedanya, waktu aku berak di celana itu gak nangis. Hebat kan... iyaa... aku pingsan. Kembali ke masalah cupu. Walaupun aku ketua geng gaul tersebut, tapi soal puasa aku  paling gak kuat kalo sampe Maghrib. Bukan masalah lapernya, tapi aku tidak bisa nahan hawa nafsuku. Secara di TK ada anak cewek, iuhh... dandannya modis banget. Kalau anak cewek lain di TK masih pake sepatu Kasogi. Dia uda pake High Heels, merknya Kasogi juga sih cuman di kasih pensil di bawahnya buat heels. Kereatif....


Tapi gak bisa di pungkiri kalo faktor makanan juga berpengaruh sih. Aku paling gak bisa nahan untuk ngemil. Cemilan kesukaan ku itu pecahan beling, jangkrik bakar, potongan kuku pak penjaga TK. Pokoknya macem macem deh. Akibat cemilan ku yang kaya gitu ya ini hasilnya, aku kurus banget, mirip korban gizi buruk yang mencoba terus bertahan hidup. Biasanya sih dulu aku cuman kuat puasa sampe Bedug atau setengah hari. Pas jam 12 siang nah itu waktunya aku berbuka puasa. Buka puasanya pakai menu ala kadarnya. Yap.. aku berbuka puasa cuman sama nasi putih terus di atasnya di taburi mie krip krip.

Mie Orang Kaya
Menu itu menurut ku cukup istimewa dulu. Tapi gak jarang juga kesedak, atau potongang mie itu nyangkut di  gusi. Rasanya, kalo nyangkut di gusi tuh sakit banget. Sakitnya tuh mirip kalo kita di suntik bius, tapi di mata. Tapi aku cukup pintar mengakali supaya gak kesedak. Yap.. aku minum sinom. Pada tau kan minuman sinom khas orang gak mampu beli fanta? 
SINOM
Nah, tapi foto itu versi cafenya. Kalau aku dulu sih cuman di tarus di plastik terus di kenyot. Itu fotonya juga ambil dari google, soalnya jaman sekarang susah cari orang jualan sinom. Kalau pun ada itu sinomnya oplosan, di campur sama solar dan borax. Hih... ngeri.... Terus, biasanya batas puasa cemennya (puasa bedug) itu jam 1. Jadi kalo di atas jam 1, aku puasa lagi sampe Maghrib. Tapi walaupun puasanya cuman setengah hari tapi aku disiplin. Gak pernah curi curi makan (mokel) , gak pernah ngintipin orang mandi, gak pernah download bokep kartun. Gak pernah... maklum, dulu masih lugu. Belum ngerti yang aneh aneh. Maksiat pun dulu cuman dikit, misalnya ngintipin celana dalem anak cewek dengan cara nempelin kaca di sepatu, terus di arahin ke rok ceweknya. Itu doang... aku juga gak pernah kok kencingin ibu guru, apalagi waktu mereka rapat.
Tapi aku gak sendirian sih yang puasa Bedug. Dari 10 anak kecil seumuran di kampung ku 8 di antaranya puasa Bedug (setengah hari) nah 2 sisanya gak puasa, gak pernah puasa yang orang 2 ini, soalnya mereka non muslim. Jadi, biasanya 8 orang anak kecil ini kalo waktunya Bedug pada kumpul di rumah ku. Secara aku yang paling kaya di antara mereka, iya, mobil Tamiya ku aja ada 3. Biasanya kami saling tuker makanan dan tebak apa yang kami tukar. Yap... benar sekali. Kami saling bertukar mie Krip Krip yang rasanya sama. Bodoh banget kalo di pikir pikir. Tapi, sisi positfnya juga ada. Bayangkan, anak sekecil itu rela membagi bagi makanannya ke sesama secara ikhlas dengan harapan temennya juga merasakan apa yang mereka rasakan. Bukankah ini hebat???? Gak... ini biasa aja. Biasanya setelah berbuka secara cupu tadi selesai, kami lanjutkan dengan siram siraman sinom. Alhasil, baju basah semua, tapi tetep gak ada dendam di antara kita waktu itu, semua ceria. 

Itu tadi sih pengalaman puasa bedug (setengah hari) ku. Aku yakin para pembaca sih dulunya sama, bisa kalian share kok pengalaman puasa bedug kalian di tab koment di bawah. Pasti aku bales kok... dadaaaaa :))

8 comments:

  1. aku puasa bedung tapi gatau ngaku, ngakune maghrib .. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cemen, twitwar ae umak, hahaha
      endi tulisan mu aku ngenteni :3

      Delete
    2. hahahaha twitwar untuk membela awakmu ndeng :3 hahaha
      wes riz .. dan aku lgsg ganti header blog :p

      Delete
    3. Lha? hahaha iyo suwun, aku gak tego lek twitwar ambek kodew soal e:p

      Delete
  2. kalo aku pernah puasa bedug dan itupun sembunyi2 dari ibuk. pernah comot tahu makannya diloteng padahal udah jam stgh 2. aku pikir ya udah yang penting kan niat jadi lanjutin aja. itu pengalaman pas SD kls 4 -_- bener2 bocah :))

    selamat puasa jangan mokel haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan koment,,,

      Pengalaman SD emang memorable bangek yak, walaupun hina XD

      Delete
  3. emang kalo puasa yang tahu yang menjalankan sama Allha doang :D

    ReplyDelete